Beruntung? banget



Aku sekarang berada jauh dari orang tua..
Semula aku mengira bahwa berada jauh dari orang tua bisa menjadikanku bebas mencari pengetahuan dan menikmati masa mudaku..
Hal yang biasanya tak bisa kulakukan ketika berada dirumah bersama orang tuaku, bisa kulakukan disini.. pulang malam misalnya, atau bepergian dengan teman-teman hingga menginap..
Benar saja, aku memang bisa melakukannya, tetapi itu semua tak berbeda dengan apa yang kulakukan ketika berada dirumah.. aku tak bisa melupakan begitu saja pesan orang tuaku.
Ketika sedang dimana saja, yang ku ingat hanya wajah orang tuaku. wajah kelelahan mereka selalu terbayang, hingga membuatku enggan melanggar sesuatu yang sudah ditetapkan orang tuaku.
Disini aku sendirian, siapa yang bisa melarangku? Dengan bebasnya aku bisa kesana-kemari tanpa ada yang memperhatikanku.  Hanya diri sendiri yang bisa menasehati.
Aku memang sering pulang malam, hingga menginap dirumah teman-teman. Tetapi itu semua akan ku ceritakan diakhir pekan kepada orang tuaku.
“bu, kemarin aku nginep dikos nya si A, kami begadang sampe pagi karena sibuk bercanda”
“ya ampun, dijaga kesehatannya.. si A sekarang kerja dimana? Kok dia jarang kerumah”
Ibuku seakan tak mempermasalahkan semua yang kulakukan, ibu seakan mengerti apa yang aku inginkan. Hingga membiarkanku bertingkah seperti yang aku inginkan. Bukan tanpa rasa khawatir, aku tau ibu hanya ingin memberikan kepercayaan penuh terhadapku. Ibu percaya bahwa aku tak akan melanggar apa yang sudah menjadi batasan.
Aku : “bu, aku beliin motor ya buat bapak, motornya udah sakit-sakitan kasian bapak”
Ibu : “motornya buat kakakmu aja, nanti uangnya ibu ganti buat tabunganmu”
Aku : “bu, bulan ini aku mau nabung tapi uangnya kepake”
Ibu : “ya udah gak papa, nanti bisa pake uang ibu”
Aku : “bu ini aku beliin blender”
Ibu : “berapa harganya? nanti ibu ganti, ibu masukin ke tabunganmu”
ayahku tak banyak bicara, apapun yang menjadi keputusan ibu selagi itu untuk anak ayahku akan menyetujuinya.
Siapa yang tak merasa beruntung mempunyai orang tua seperti ini ? Rasa beruntung yang membuatku mengutamakan segalanya tentang orang tua. Apapun yang menjadi kemauan mereka akan selalu ku usahakan, bagaimanapun.
Ini orang tuaku. mana orang tua kalian?

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Saya

KAIDAH KAIDAH DALAM MORALITAS

Xibo, Aplikasi OpenSource Digital Signage atau Papan Informasi