MIKROTIK ROUTERBOARD HEX SERIES RB750RB3

Selamat pagi teman-teman..
ini ketika saya nulis artikel disini masih pagi yaa :)
kali ini saya dapat ilmu baru nih..
hari jumat kemarin tanggal 31 maret, temen saya ada yg minta bantuin nyetting mikrotik,
jadi topologi nya gini, modem - routerboard - access point. access point nya 3
karena kami berdua memang tidak tau apa tentang mikrotik, saya cuma tau dasar-dasarnya aja :)
cara akses mikrotiknya doang :D (buset, itu mah dasarnya banget :)
nggak papa, namanya juga belajar.
ok, awalnya temen saya sudah nyoba setting tuh mikrotik, cuma dia stuck di pengisian dhcp servernya kalo nggak salah.
karna dia udah nyerah sama yang error tdi, jalan terakhir ya di reset.
dia reset dengan cara :
-lepas power mikrotik
-tekan tombol reset dengan jarum atau dengan apa aja yang bisa masuk ke tombolnya
-dalam keadaan  masih ditekan tombol resetnya, colok lagi power mikrotiknya
-tekan terus hingga lampu berhenti berkedip dan terdengar bunyi beep 1 kali
nah cara itu sudah dilakuin temenku, hasilnya mikrotik malah tidak bisa diakses
di browser nggak bisa, winbox juga nggak bisa
nyerah lagi temenku :D nyerah terus dia mah
giliran aku yg beraksi,
setelah aku browsing, dapatlah satu cara yaitu reset melalui sistemnya
disitu saya juga bingung, gimana mau reset lewat sistemnya orang di akses aja nggak bisa
browsing lagi browsing lagi dan lagi sampe capek :D hari itu memang dari jam 11 sampe jam 2 aku cuma duduk aja mantengin tuh laptop
akhirnya dapat satu cara, akses dengan mac address nya.. kalo pake winbox ada tuh pilihan nya dikotak tampilan informasi mikrotik
klik aja dikolom mac address terus connect..
tadaa !!! akhirnya bisa di akses.
masuk sudah disistem mikrotiknya, ini cara resetnya
- masuk ke terminal, cari aja tulisan terminal dipilihan menu sebelah kiri pake winbox tadi ya
- kemudian ketik
  / system reset
- tunggu sampe mikrotik restart sendiri dan sudah kembali ke keadaan awal
coba akses di browser ataupun winbox pakai ip address
ip address default : 192.168.88.1 (biasanya)
bisa kan ? horee

kalo baru masuk pake winbox biasanya terdapat pilihan, klik ok aja

nah itu dia ilmu yg saya dapat, sederhana banget ya? tapi katanya kan sebarkanlah ilmu walaupun hanya sedikit :)
nanti kalo saya belajar lagi pasti saya share lagi :)
terima kasih ya sudah sudi mengunjungi blog sederhana saya ini..
dan maaf sekali bahasa yang kurang rapi ini, saya masih belajar :)
next ilmu tentang mikrotik pasti akan saya share lagi :*
silahkan tinggalkan kritik dan saran kalian di kolom komentar. dengan senang hati saya akan menerimanya

Comments

Popular posts from this blog

KAIDAH KAIDAH DALAM MORALITAS

Tentang Saya

Xibo, Aplikasi OpenSource Digital Signage atau Papan Informasi