Xibo, Aplikasi OpenSource Digital Signage atau Papan Informasi


Kenapa saya kenal aplikasi ini? padahal sebelumnya saya tidak kepikiran sama sekali tentang aplikasi ini, tidak mengerti juga soal digital signage atau papan informasi.
karena saya dapat tugas untuk mengisi tampilan tv besar ditempat saya bekerja akhirnya saya mencoba berbagai cara..
awalnya saya pikir digital signage itu susah, dan ternyata memang susah. hahaha
awal-awal saya mencoba pakai website saja, biar tampilnya bisa secara online, karena kaya nya tv itu bisa mengakses internet..
tapi setelah saya browsing-browsing di mbah google, kok nggak ada ya tutorial membuat digital signage berbasis website, yang banyak muncul malah aplikasi yang sudah jadi dan siap dipasarkan atau dijual, wah saya jadi tambah pusing waktu itu..
mau bikin layout sendiri, tapi bingung juga nampilin di tv nya gimana, ya udah akhirnya browsing lagi dengan penuh harap, tapi tak kunjung menemukan solusinya. setengah harapan saya sudah mulai menghilang .. :(
setelah beberapa jam mencari atau mungkin beberapa hari, saya menemukan sebuah pertanyaan di forum kaskus dan pertanyaannya sama dengan yang saya pikirkan. scrol mouse ke bawah dan tadaaaa jawabannya saya dapat yaitu XIBO.
itulah awalnya kenapa saya mengenal aplikasi xibo. hahaha ceritanya sungguh tak berguna ya teman-teman :)

Aplikasi XIBO ini opensource ya, jadi bisa didownload bebas di website resminya xibo. http://xibo.org.uk/
yang diperlukan kalau mau instal xibo ini cukup mudah :)
-xampp versi 3.2.2 atau sebelumnya, yang versi php nya masih 5.5
-aplikasi xibo client (download di situs resminya ya )
-file xibo server

sederhana kan yang diperlukan. nggak ribet :)
saya pemula nih, jadi maaf ya kalo tutorialnya tidak bagus atau tidak lengkap.
ini cuma pengantar aja ya, posting selanjutnya akan membahas cara instal nya.
oh iya, saya pakai windows 8.1, kalau teman-teman pakai windows 7 harus dowload framework dulu ya..
ok, sampai disini dulu.
kalau ada yang ditanyakan silahkan komentar ya, jangan malu-malu.

Comments

Popular posts from this blog

KAIDAH KAIDAH DALAM MORALITAS

Tentang Saya